Skip to main content

Business Model Canvas


Apa itu Business Model Canvas (BMC) ?
Salah satu perangkat analisis yang bisa membantu kita menemukan model bisnis yang tepat adalah model bisnis kanvas. Bisnis model menjelaskan mengenai dasar pemikiran bagaimana sebuah bisnis diciptakan, diberikan, dan ditangkap nilainya (Osetwalder & Pigneur, 2010, hal 14). Model bisnis yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business  Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah fremework sederhana untuk mempresentasikan elemen-eleman penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Osterwalder & Pigneur membuat sebuah pendekatan model kanvas yaitu “Nine Building Blocks” yang memudahkan bagi para pebisnis untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Nine Building Blocks terdiri dari : Value Proporatitions, Customer Segments, Customer Relationship, Channels, Key Resources, Key Activity, Key Partnership, Cost Structure, dan Revenue Stream.

Apa saja isi dari Business Model Canvas ?
  1. Customer Segments (Mengetahui Pelanggan), elemen pertama membuat kita harus menentukan segmen pelanggan yang merupakan kunci utama dalam mendapatkan keuntungan, tanpa pelanggan maka sebuah perusahaan tidak dapat bertahan lama dalam bisnis yang mereka bangun. Customer Segments meliputi 2 hal penting yaitu : Siapa customer anda? dan Kepada siapakah produk atau layanan Anda akan dijual atau ditujukan?.
  2. Value Propositions (Apa yang ditawarkan?), proporsi nilai menggambarkan bagaimana pelanggan dapat bernilai dari satu perusahaan ke perusahaan lain melalui produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan berbeda dengan para kompetitiornya.
  3. Channels (Saluran Distribusi), menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat menjalin komunikasi dengan pelanggannya dalam menyampaikan nilai proporsisinya. Channels meliputi 2 hal penting yaitu : Bagaimana Anda memberikan layanan kepada customer? dan Bagaimana cara customer dapat memperoleh  produk?. 
  4. Customer Relationship (Marketing), hubungan dengan pelanggan dibangun sesuai dengan customer segment, dikarenakan setiap segmentasi memiliki yang berbeda. Dalam menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu : Customer Acquisition, Customer Retention, dan Upselling.
  5. Revenue Streams (Sumber Pendapatan),arus pendapatan untuk menjadi salah satu tujuan utama dari sebuah bisnis. Sehingga elemen yang saat ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai ada bahan baku, produk atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal dan mengakibatkan kerugian pada bisnis.
  6. Key Resources (Sumberdaya Utama),agar bisa mewujudkan tujuan bisnis, kita tentu harus mengelola  sumber daya bisnis tersebut semaksimal mungkin. Semua jenis sumber daya mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan SDM dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat model bisnis.
  7. Key Activities (Kegiatan Bisnis), mencakup segala aktivitas yang harus dilakukan seorang pelaku bisnis untuk menghasilkan produk atau layanan yang baik dan memuaskan. Yang termasuk dalam lingkup ini adalah branding, packaging, pesaran internet dan lainnya.
  8. Key Partnership (Mitra Utama), perusahaan membentuk aliansi atau kerja sama karena berbagai alasan. Biasanya perusahaan menciptakan untuk mengoptimalkan bisnis, mengurangi terjadinya resiko, dan untuk memilki daya saing yang tinggi dengan para kompetitornya.
  9. Cost Structure (Struktur Biaya), struktur biaya menggambarkan semua biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu model bisnis. Biaya dapat diperhitungkan dengan baik jika aktifitas utama, sumber daya utama, dan kemitraan telah ditentukan.

Contoh Business Model Canvas Air Asia :

Comments

Popular posts from this blog

Mengakses Hidden Theme pada Windows 7

Hallo semua, pada post kali ini saya akan membagikan tips dan trik mengakses Tema yang tersembunyi pada Windows 7. Seperti yang telah ketahui, Windows 7 merupakan OS yang paling populer setelah Windows XP telah di 'matikan' oleh Microsoft. Namun masih banyak rahasia yang tersimpan didalam Windows 7, salahsatunya beberapa tema-tema 'default' yang sengaja di sembunyikan oleh Microsoft. Berikut cara mengakses "Hidden Theme" pada Windows 7 secara step-by-step : 1. Buka My Computer, dan Klik Organize. Klik Folder and Search Options. 2. Buka Tab View, Pilih pada pilihan "Show hidden Files, Folders, and drives" yang ada di Advanced Settings dan klik Apply. 3. Buka My Computer dan ketik ini pada Address Bar: C:\Windows\Globalization\MCT Lalu ENTER. 4. Setelah itu akan muncul Folder-folder dari tema-tema yang mewakili sebuah negara. 5. Sebagai contoh, MCT-US yang mempresentasikan United States. 6. Klik dua kali pada tema pilihan anda untuk meng...

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Pengertian pemasaran menurut Kotler adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain. Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) menurut kotler dan Armstrong (1997:48) dalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market. Ada 4 komponen dari Bauran pemasaran yang sangat inti, yaitu sebagai berikut: 1. Product atau Produk Produk merupakan barang atau segala sesuatu yang bisa dipasarkan atau ditawarkan pada konsumen. Di mana, produk ini mulai dari barang yang bisa dikonsumsi hingga digunakan misalnya suatu barang atau mesin. 2. Price atau Harga Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk y...