Skip to main content

Gibran Rakabuming: Anak Presiden yang Berwirausaha.



Gibran Rakabuming Raka (lahir di Solo, 1 Oktober 1987; umur 31 tahun) adalah putra sulung dari Joko Widodo. Sejak kecil Gibran menetap di Solo, tetapi saat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dirinya pindah ke Singapura untuk melanjutkan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2002 di Orchid Park Secondary School, Singapura. Selanjutnya pada tahun 2007 Gibran lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010. 

Setelah lulus dari University of Technology Sydney, Australia pada tahun 2010, Gibran Rakabuming Raka atau yang akrab disapa Gibran kembali ke Solo dan memulai usaha kuliner. Gibran memulai usaha kulinernya dengan merintis catering Chilli Pari. Dia menilai kesempatan pasar untuk catering-nya itu ada sehingga memiliki peluang untuk usaha catering. Dalam memulai usahanya, Gibran pun tidak mengandalkan orangtuanya dalam urusan modal maupun memanfaatkan nama besar ayahnya. Dia meminjam sejumlah uang dari bank untuk memulai usaha catering-nya. 

Berkat usahanya tersebut, ia pun dipercaya sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Ia juga mendirikan House of Knowledge yang berfungsi untuk melatih karyawan-karyawan lepas catering Chilli Pari terutama dalam berbahasa Inggris. Setelah sukses menjalani usaha catering, Gibran membuka usaha martabak dengan berbagai varian topping yang dinamai Markobar. Dia juga membuka berbagai macam usaha lainnya seperti iColor dalam bidang reparasi produk Apple dan berjualan Jas Hujan bertuliskan “Tugas Negara Bos!” yang dijual di e-commerce Indonesia.

Pelajaran yang dapat diambil dari Gibran ini dalam berwirausaha ialah :
  • Berani melangkah dalam memulai usaha.
  • Mampu melihat peluang dalam berwirausaha.
  • Pantang menyerah dan tetap maju meskipun usahanya sempat di-cemooh.


Comments

Popular posts from this blog

Business Model Canvas

Apa itu Business Model Canvas (BMC) ? Salah satu perangkat analisis yang bisa membantu kita menemukan model bisnis yang tepat adalah model bisnis kanvas. Bisnis model menjelaskan mengenai dasar pemikiran bagaimana sebuah bisnis diciptakan, diberikan, dan ditangkap nilainya (Osetwalder & Pigneur, 2010, hal 14). Model bisnis yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business  Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba menjelaskan sebuah fremework sederhana untuk mempresentasikan elemen-eleman penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis. Osterwalder & Pigneur membuat sebuah pendekatan model kanvas yaitu “Nine Building Blocks” yang memudahkan bagi para pebisnis untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka. Nine Building Blocks terdiri dari : Value Proporatitions, Customer Segments, Customer Relationship, Channels, Key Resources, Key Activity, Key Partnership, Cost Structure, dan Revenue Stream. ...

Mengakses Hidden Theme pada Windows 7

Hallo semua, pada post kali ini saya akan membagikan tips dan trik mengakses Tema yang tersembunyi pada Windows 7. Seperti yang telah ketahui, Windows 7 merupakan OS yang paling populer setelah Windows XP telah di 'matikan' oleh Microsoft. Namun masih banyak rahasia yang tersimpan didalam Windows 7, salahsatunya beberapa tema-tema 'default' yang sengaja di sembunyikan oleh Microsoft. Berikut cara mengakses "Hidden Theme" pada Windows 7 secara step-by-step : 1. Buka My Computer, dan Klik Organize. Klik Folder and Search Options. 2. Buka Tab View, Pilih pada pilihan "Show hidden Files, Folders, and drives" yang ada di Advanced Settings dan klik Apply. 3. Buka My Computer dan ketik ini pada Address Bar: C:\Windows\Globalization\MCT Lalu ENTER. 4. Setelah itu akan muncul Folder-folder dari tema-tema yang mewakili sebuah negara. 5. Sebagai contoh, MCT-US yang mempresentasikan United States. 6. Klik dua kali pada tema pilihan anda untuk meng...

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Pengertian pemasaran menurut Kotler adalah aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain. Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) menurut kotler dan Armstrong (1997:48) dalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market. Ada 4 komponen dari Bauran pemasaran yang sangat inti, yaitu sebagai berikut: 1. Product atau Produk Produk merupakan barang atau segala sesuatu yang bisa dipasarkan atau ditawarkan pada konsumen. Di mana, produk ini mulai dari barang yang bisa dikonsumsi hingga digunakan misalnya suatu barang atau mesin. 2. Price atau Harga Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk y...